Air untuk Kesehatan

Artikel Kesehatan -Dipublikasikan oleh Japanusasinergi pada 23 March 2021



Setiap tahun pada tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Air merupakan komponen yang sangat penting untuk kehidupan. Bahkan, kandungan air dalam tubuh manusia mencapai 70%, lho. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan air harian. Orang dewasa membutuhkan air sebanyak 8 gelas berukuran 230ml atau setara dengan 2 liter per harinya. Kebutuhan air harian ini bertambah sesuai dengan berat badan seseorang.


Agar berfungsi dengan baik, semua sel dan organ tubuh membutuhkan air. Berikut beberapa alasan tubuh kita membutuhkan air:

1. Air melumasi sendi

Tulang rawan di persendian dan cakram tulang belakang mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan sendi meredam guncangan sehingga akan menyebabkan nyeri sendi.

2. Air membentuk air liur dan lendir

Air liur membantu kita mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembap. Hal ini mencegah terjadinya gesekan dan kerusakan. Air minum juga menjaga kebersihan mulut.

3. Air mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh

Darah mengandung lebih dari 90 persen air dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

4. Air meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Dehidrasi membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini.

5. Bantalan air untuk otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Itu juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.

6. Air mengatur suhu tubuh

Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika air di dalam tubuh terlalu sedikit, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu mentolerir tekanan panas. Memiliki banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama berolahraga.

7. Sistem pencernaan bergantung pada air

Usus membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Hal ini dapat meningkatkan risiko mulas dan sakit maag.

8. Air membilas kotoran tubuh

Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan pembuangan urine maupun feses.

9. Air membantu menjaga tekanan darah

Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental dan meningkatkan tekanan darah.

10. Saluran pernapasan membutuhkan air

Saat mengalami dehidrasi, saluran pernapasan dibatasi oleh tubuh sebagai upaya meminimalkan kehilangan air. Hal ini dapat memperburuk asma dan alergi.

11. Air membuat mineral dan nutrisi dapat diakses

Mineral dan nutrisi larut dalam air sehingga memungkinkannya mencapai berbagai bagian tubuh.

12. Air mencegah kerusakan ginjal

Ginjal mengatur cairan di dalam tubuh. Jumlah air yang tidak cukup dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah lainnya.

13. Air meningkatkan kinerja selama berolahraga

Beberapa ilmuwan telah mengusulkan bahwa mengonsumsi lebih banyak air dapat meningkatkan kinerja selama aktivitas berat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam aktivitas yang berlangsung lebih dari 30 menit.

14. Penurunan berat badan

Air juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi sebagai pengganti jus dan soda. Minum air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan.


Selain dengan cara diminum, pemanfaatan air untuk kesehatan dapat dilakukan dengan cara mandi. Kebersihan pribadi memang memberikan manfaat kesehatan, dan kebanyakan orang memang perlu mandi secara teratur. Selain digunakan untuk mandi, air menawarkan manfaat yang berkaitan dengan pereda nyeri dan pengobatan dalam bentuk hidroterapi.

Mandi, shower uap, sauna, dan metode mandi lainnya dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meredakan nyeri otot, mengurangi pembengkakan, meningkatkan aliran darah, meningkatkan konsentrasi, mengurangi kelelahan, membuat lebih mudah untuk bernafas.

Pada tingkat yang lebih rendah, menghabiskan waktu di kamar mandi dapat memiliki efek yang sama. Mandi membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati untuk membantu membersihkan pori-pori dan memungkinkan sel-sel kulit berfungsi. Hal itu membersihkan bakteri dan iritasi lain yang dapat menyebabkan ruam dan masalah kulit lainnya.

 

Untuk melihat infografis bagaimana cara memanfaatkan air untuk kesehatan, kunjungi instagram kami di @japanusasinergi ya! Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia ini kami juga sedang mengadakan giveaway masker KF94, nih. Jangan sampai ketinggalan untuk cek persyaratannya di instagram ya!

 

Sumber :

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Medical News Today. 2018. https://www.medicalnewstoday.com/articles/290814. Ditulis oleh James McIntosh. Medically reviewed by Karen Cross, FNP, MSN.


Artikel Lain
Jenis-jenis Tumor Jinak yang Bisa Muncul di Tubuh

Tumor adalah kondisi pertumbuhan sel...
Read More

Sekilas Tentang Depresi

Tiba-tiba Anda merasa bersedih, merasa...
Read More

Gemar Lari? apa yang harus diperhatikan?

OLAHRAGA lari kini makin digandrungi...
Read More

Protein dalam Darah yang Memprediksi Alzheimer

       Penelitian yang...
Read More

Manfaat dan Resiko Minum Kopi

Read More