Sistem Integrasi Tata Udara (S.I.T.U)

Posted on 2 July 2020

Ruang tekanan positif dan negatif yang efektif adalah bagian penting dari sistem kontrol iklim di dunia industri. Dalam dunia medis, kamar-kamar ini mencegah penyebaran kontaminan infeksius dan mempertahankan ruang steril atau isolasi atau juga disebut sebagai ruang dengan tekanan positif dan ruang dengan tekanan negatif. Ruang tekanan negatif atau positif adalah bagian penting dari beragam kebutuhan keamanan di lingkungan medis dan penelitian, karena membantu menjaga kondisi bersih dari klinik terkecil hingga rumah sakit dengan kapasitas besar.

MEMAHAMI RUANG TEKANAN POSITIF DAN NEGATIF

Ruang bertekanan positif mempertahankan tekanan lebih tinggi di dalam area tertentu daripada di lingkungan sekitarnya. Ini berarti udara dapat meninggalkan ruangan tanpa bersirkulasi kembali. Dengan cara ini, partikel udara yang berasal dari ruangan akan disaring. Kuman, partikel, dan kontaminan potensial lainnya di lingkungan sekitar tidak akan memasuki ruangan. Dalam pengaturan medis, ruang tekanan positif memungkinkan staf untuk menjaga pasien yang rentan aman dari infeksi dan penyakit.

Sebaliknya, ruang tekanan negatif menggunakan tekanan udara lebih rendah untuk memungkinkan udara luar masuk ke lingkungan atau ruang tertentu. Ini bertujuan untuk menjebak dan menjaga partikel yang berpotensi berbahaya di dalam ruang tekanan negatif dengan mencegah udara internal meninggalkan ruangan. Ruang tekanan negatif di fasilitas medis mengisolasi pasien dengan kondisi infeksi dan melindungi orang yang ada di luar ruangan dari paparan.

Ruang tekanan positif dan negatif keduanya memerlukan sejumlah komponen tambahan agar tetap efektif. Membangun ruang tekanan positif dan negatif memerlukan penggunaan konstruksi khusus dan peralatan pengontrol iklim. Minimal 12 perubahan aliran udara setiap jam harus dipertahankan untuk mempertahankan lingkungan yang diinginkan dan tergantung pada ukuran dan tujuan ruangan.

Beberapa fasilitas medis juga memasukkan radiasi atau filter UV ke dalam sistem untuk membantu menjaga lingkungan yang steril. Menggunakan sinar UV dalam sistem filtrasi mensterilkan partikel dan mengurangi virus di ruang karantina, membantu melindungi petugas kesehatan yang memasuki ruangan untuk melayani pasien yang dikarantina.

RUANG BERTEKANAN POSITIF DAN NEGATIF ​​DI RUMAH SAKIT

Ruang tekanan positif dan negatif adalah bagian penting untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular di dalam fasilitas besar seperti rumah sakit. Ruang tekanan negatif (ruang isolasi infeksi udara) adalah solusi umum dalam upaya pengendalian infeksi. Rumah sakit menggunakannya di kamar pasien untuk memastikan kuman dan bakteri infeksi tidak menyebar ke seluruh fasilitas melalui sistem HVAC. 

Ruang bertekanan positif biasanya digunakan dalam skenario yang harus terus menyaring kontaminan berbahaya keluar dari lingkungan. Ruang bertekanan positif digunakan ketika merawat pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan atau digunakan dalam situasi yang harus terus mempertahankan jenis atmosfer tertentu di ruangan seperti laboratorium fertilisasi in vitro dan ruang operasi.

Ruangan dengan system AHU dibangun sepenuhnya untuk melindungi pasien, perawat, dokter dan masyarakat umum dari penyebaran penyakit menular. Ruang tekanan positif dan negatif yang dipasang dengan efisien akan mampu memberikan perbedaan antara lingkungan yang sehat untuk pasien di rumah sakit dan yang memang khusus dikompromikan untuk pasien infeksius.